Kamis, Desember 17, 2015

Dodol Wortel Kaya Susu

BAHAN-BAHAN

Bahan yang digunakan dalam pembuatan “DOTEKASU”, diantaranya:

1. Wortel                 600   gram
2. Tepung Ketan      150   gram
3. Tepung Beras       300   gram
4. Gula Pasir            525   gram
5. Santan Kelapa     600   ml (dari ½ butir kelapa)
6. Susu Segar          750   ml
7. Mentega                30   gram


PERALATAN

Peralatan yang digunakan dalam pembuatan “DOTEKASU”, diantaranya:

1. Wajan
2. Pengaduk / Centhong
3. Pisau
4. Telenan
5. Baskom
6. Nampan / Loyang
7. Blender
8. Parutan
9. Saringan
10.      Kompor Gas
11.      Timbangan
12.       Plastik Tangan

 


Cara Pembuatan

Berikut langkah-langkah proses produksi Dodol Wortel Kaya Susu:
1. Persiapan sarana dan prasarana
a.  Persiapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk produksi DOTEKASU, pastikan peralatan yang dipakai dalam keadaan bersih.
b. Cuci tangan dengan sabun, kemudian keringkan terlebih dahulu sebelum memulai bekerja.
c.   Gunakan celemek dan pengikat rambut untuk menghindari kontaminasi silang.
d. Pastikan tempat produksi bersih.
2. Persiapan bahan baku:
a.  Wortel dicuci bersih, kemudian potong kecil-kecil untuk selanjutnya dihaluskan dengan menggunakan blender, untuk mempermudah pemblenderan bisa ditambahkan air santan kelapa, sehingga didapatkan bubur wortel
b.Kelapa dikupas kulitnya, kemudian diparut menggunakan parutan kelapa untuk selanjutnya ditambahkan air 600ml dan diperas sehingga didapatkan santan kelapa
c.  Tepung Ketan, Tepung Beras, Gula Pasir, dan Mentega ditimbang sesuai dengan resep yang telah ditentukan menggunakan timbangan dapur
d.Susu Segar diukur volumenya menggunakan gelas ukur
3. Masukkan Tepung Ketan, Tepung Beras,Gula Pasir dan Mentega ke dalam wajan, kemudian tambahkan santan kelapa perlahan demi perlahan, aduk adonan hingga merata dan tercampur sempurna, kemudian letakkan wajan di atas kompor gas.
4. Setelah adonan tercampur merata, nyalakan kompor dengan api kecil dan terus diaduk dengan gerakan maju mundur hingga adonan menjadi semakin mengental.
5. Tambahkan susu segar ke dalam adonan yang semakin mengental, terus aduk hingga adonan kembali tercampur sempurna dan homogen, serta kembali mengental.
6. Setelah adonan kembali mengental, masukkan bubur wortel ke da;am adonan, aduk hingga adonan kembali tercampur sempurna dan homogen, serta kembali mengental.
7. Ketika pengadukan pastikan api tetap menggunakan api kecil dan hindari terbentuknya kerak pada dasar wajan dengan cara terus diaduk, pengadukan dinyatakan selesai setelah didapatkan adonan yang kalis atau tidak lengket.
8. Setelah terbentuk adonan yang kalis, matikan kompor, kemudian pindahkan dodol yang sudah jadi ke dalam nampan atau loyang.
9. Ratakan dodol di dalam nampan atau loyang, tutup dengan plastik, dan simpan di tempat yang kering dan bersih agar suhu dodol lebih dingin, pada proses ini pastikan tangan terbungkus sarung tangan atau plastik tangan untuk menjaga higienitas produk.
10.      Setelah dodol dingin, potong-potong dodol menggunakan pisau menjadi lonjoran-lonjoran kecil, kemudian kemas menggunakan plastik.
11.      Masukkan dodol yang telah dikemas menggunakan plastik ke dalam kemasan kardus, dan DOTEKASU siap untuk dipasarkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar